Rabu, 28 November 2012

Resume Kewirausahawan

Posted by handy hanggarajaya 04.45, under | No comments

Resume Kewirausahaan Mata pelajaran : Kewirausahaan Kelas / jurusan : XII PM 2 Sekolah : SMK Negeri 3 Pontianak Nama : Handy hanggarajaya Email : hanggarajaya.handy@gmail.com Hal 54 – 60 3. strategi Pemetaan Produk (Product Mapping) Sebuah usaha dapat sukses karena dibangun melalui pemikiran skala industri, dan menjalankan dengan jelas baik dari segi skala organisasi. Usaha maupun jangkauan pasarnya. Contoh kasus : Seorang wirausaha ingin mebuka usaha restoran ayam goreng kremes di lokasi X. Untuk membangun dan menjalankan usahanya, wirausaha tersebut perlu melihat dan mengevaluasi pesaing paling potensial yang dapat memperlambat laju penjualannya. Berdasarkan analisis pasar, diperoleh data pesaing sebagai berikut : • Ada penjula ayam goreng kalasan • Ada warung tegal (warteg) • Ada restoran cepat saji (fast food) • Ada restoran seafood • Ada restoran soto ayam Banyak wirausaha yang sulit berkembang karena tidak mengetahui pesaing usaha paling potensial yang harus dihadapi. Kebanyakan dari mereka hanya berkonsentrasi pada tingkatan masing – masing agar dapat lolos dari ketatnya persaingan pasar. 4. strategi pemetaan Kualitas dan Harga Pasar untuk Mengetahui Posisi Produk di Pasar Salah satu faktor penyebab kegagalan ketika usaha sudah mulai berjalan adalah ketidaktahuan akan posisi kualitas dan harga produk di tingkat pasar persaingnya. Semakin mengetahui posisi strategis produk di pasar, akan mempermudah wirausaha menjalankan, memperbaiki strategi, dan menyusun rencana usahanya. Contoh sebuah bimbingan belajar bernama Smart Learning akan membuka usaha di sebuah kompleks perumahan. Setelah membuka beberapa riset dan survei, diperoleh data sebagai berikut : a. Harga tertinggi bimbingan belajar siswa SMK per semester sebesar Rp.2.500.000 dan yang terendah sebesar Rp1.100.000 b. Kualitas yang ada dan dikenal dari bimbingan belajar yang beroperasi di rata-rata dipasar dan kualitas diatas rata-rata pasar (kualitas bagus). Rencananya adalah 5 tahun mendatang bimbingan belajar smart learning harus menempati posisi sedikit diatas bimbingan belajar B dan harganya naik 10 – 12% dari saat ini. Kenaikan harga ini dimaksudkan untuk menjaga kualitas dan kuantitas (siswa), karena kualitas yang bagus membutuhkan biaya. Selanjutnya adalah membuat rencana usaha untuk jangka pendek 3 – 5 tahun dan jangka panjang 5 – 10 tahun mendatang dengan perubahan strategi dalam kegiatan promosi, pemasaran, perencanaan program – programnya dan kemungkinan untuk wiralabakan, kemudian baru mulai menjalankan usahanya. 5. Mengetahui Teori Permintaan dan Penawaran (Supply and Demond Theory) Salah satu yang harus dikuasai seorang wirausaha dalam mempersiapkan strategi menjalankan usaha dalam teori permintaan dan penawaran (supply and demand theory). Ketidak mengertian teori ini dapat mempengaruhi mekanisme pengambilan kebijakan harga dan keseimbangan pasar produknya. Mekanisme harga dipasar adalah proses yang terjadi karena adanya tarik – menarik antara konsumen yang ingin memiliki suatu produk yang ditawarkan produsen dengan harga yang membuat semua pihak merasa terpuaskan. a. Perilaku Konsumen dan permintaan suatu produk di pasar Perilaku kensumen terhadap suatu barang akan menimbulkan permintaan di pasar. Hal ini yang menjadi dasar hukum permintaan, yaitu bila harga barang naik, jumlah barang yang diminta konsumen akan menurun dengan kondisi ceteris paribus (semua faktor lain yang mempengaruhi permintaan adalah tidak berubah) Hal ini terjadi karena 2 anggapan pokok untuk dapat mewujudkan Hukum Permintaan yaitu : 1. Kepuasan setiap konsumen dapat diukur dengan uang atau satuan terukur lainnya seperti volume, berat, panjang dan lain – lain. Pendekatan itu disebut dengan Marginal utility 2. tingkat kepuasan konsumen dapat lebih tinggi atau lebih rendah. Oleh karena itu, pendekatan konsumen tidak bisa dipastikan atau diukur (indifference Curves Hukum gossen atau sering disebut degan Law of Diminishing Marginal Utility (kepuasan bisa diukur) menyatakan semakin banyak suatu barang dikonsumsi, maka tambahan kepuasan marginal setiap tahun tambahan yang dikonsumsi akan menurun. b. Mekanisme harga di pasar The Law of Diminishing Return adalah hukum yang menyatakan bahwa bila suatu macam input ditambah dengan pengunaannya sedangkan input lainnya tetap, maka tambahan output yang dihasilkan dari setiap unit input (nilai tambah) yang dutambahkan akan meningkat tetapi kemudian akan menurun bila input tersebut harus ditambah Soal essay 1. Sebuah usaha dapat sukses karena dibangun melalui pemikiran skala industri, dan menjalankan dengan jelas baik dari segi skala ? 2. Konsep pemetaan disebut juga ? 3. Salah satu faktor penyebab kegagalan ketika usah sudah mulai berjalan adalah ? 4. Mekanisme harga di pasar adalah ? 5. Teori permintaan dan penawaran disebut juga? 6. Hukum gossen sering disebut juga dengan ?