Selasa, 07 Februari 2012

SALESMENSHIP

Posted by handy hanggarajaya 20.54, under | No comments

KETUA KELOMPOK : HANDY HANGGARAJAYA
SEKERTARIS : ANDI
ANGGOTA : 1. APRIYONO
2. RACHMATILAH
3. ZULMIHAJ
Materi salesmenship : Menjual Helm
a. Latar belakang
Helm merupakan kebutuhan bagi masyarakat khususnya masyarakat yang mengunakan kendaraan bermotor

b. Indikator/materi/petunjuk
1. Product motives : mau membeli karena adanya barang - barang tertentu
2. Product motive : mau membeli karena adanya penyalur / penjual
3. Motif manfaat : mau membeli karena yakin barang yang akan dibeli bermanfaat
4. Motif kebanggan : mau membeli karena bangga
5. Motif ingin meniru
6. Motif kuatir dan takut
7. Motif ingin tahu lebih mendalam
8. Motif bersaing
9. Motif iri hati






c. Mebuat soal dari indikator / jawabanya
1. Motif penjual ingin membeli karena produk – produk tertentu disebut motif
Jawabanya : product motives
2. Motif mau membeli karena adanya penyalur disebut motif
Jawabanya : patronage motive

3. Motif mau membeli karena barang yang akan dibeli bermanfaat disebut motif
Jawabanya : motif manfaat
4. Motif ingin membeli karena bangga disebut motif
Jawabanya : motif kebanggan
5. Motif ingin produk nya sama dengan yang lain disebut motif
Jawabanya : motif ingin meniru
6. Motif supaya kita bisa menawarkan produk kepada konsumen maka kita harus
Jawabanya : motif ingin tahu lebih mendalam
7. Budi membeli selang gas LPG karena selang yang dipakai sudah rusak motif yang digunakan adalah motif
Jawabanya : motif kuatir dan takut
8. Motif agar usaha kita dapat berkembang maka kita tidak boleh takut untuk
Jawabanya : motif bersaing
9. Motif melihat pengusaha yang sukses maka kita tidak boleh
Jawabanya : motif iri hati
d. Kesimpulan materi
Seorang pembeli memiliki alasan – alasan untuk melakukan pembelian terhadap pruduk yang kita tawarkan kepada para pembeli

Rabu, 01 Februari 2012

ILMU MENJUAL

Posted by handy hanggarajaya 03.49, under | 2 comments

Ilmu menjual :
· J.s konox , suatu kemampuan atau kecakapan untuk mempengaruhi orang supaya merasa mau membeli barang-barang yang kita tawarkan dengan cara saling menguntungkan meski sebelum nya tidak terpikirkan oleh calon pembeli untuk membeli barang itu,tetapi akhirnya tertarik untuk membeli nya.
· K.B Haas dan E.C Perry,pelayanan timbal balik,sehingga kedua belah pihak meras puas dengan barang yang di terima nya.

Maksud dan tujuan ilmu menjual :
Melaksanakan kemampuan dalam seni menjual,yaitu menjual kepandaian jasa maupun barang-barang kepada calon pembeli.

Manfaat ilmu menjual :
Membantu dalam melakukan kegiatan usaha atau bisnis.

Karakteristik seni menjual / salesmanship :
A. Objek salesmanship :
1. Penjual
Pelaku utama yang bersinggungan langsung dengan konsumen.
2. Produk yang di jual
Bentuk benda atau jasa yang akan di jual belikan dengan konsumen.
B. Sifat penjual:
1. Penuh inisiatif
2. Penuh perhatian
3. Periang
4. Tidak putus asa
5. Memiliki ketajaman ingatan
6. Lurus hati,disiplin,sopan santun,bijaksana
7. Mudah bergaul
8. Selalu bergembira
C. Politik dan hukum penjualan :
1. Politik penjualan
Cara atau siasat untuk mencapai keberhasilan dalam melakukan penjualan
Atau siasat penjualan yang bertujuan untuk memperbesar jumlah penjualan,menguntungkan serta memuaskan hati pembeli.
2. Hukum penjualan
Tiap orang yang mau menukarkan barang nya dengan uang karena ia mengganggap bahwa uang itu sangat di harapkan dan akan menguntungkan serta memuasakan hati nya.
3. Hukum pembelian
Tiap-tiap orang mau membeli suatu barnag dengan uangnya karena ia berpendapat bahwa barang itu lebih berharga,menguntungkan dan memuaskan dari pada uang yang dikeluarkan nya.

v Jual beli :
Pertukaran antar dua jenis benda,pikiran,tenaga,jasa,kepandaian,dsb.

Asas-asas penjualan :
1. Pengetahuan akan diri sendiri
2. Pengetahuan akan barang yang akan di jual
3. Pengetahuan akan calon pembeli atau pelanggan

Hal yang perlu di ketahui tentang calon pembeli :
1. Perilaku pelanggan
2. Tipe pelanggan :
a. Tipe piknis : bulat,pendek,ramah,suka berbicara
b. Tipe leptosome : kecil,lemah,kurus,sombong,intelek,idealis.
c. Tipe atletis : kekar,berisi,benyak gerak,jarang humor,tenang.

Kualitas pelayanan :
a. asumsi : harapan pelanggan tingkat pertama
b. spesifikasi : bentuk kepuasan yang di cerminkan oleh pemenuhan standar pelayanan maksimal dari penjual
c. kesenangan : bentuk akhir dari asumsi dan spesifikasi ,harapan kepuasaan yang memberikan rasa senang.

Teknik menjual :
a. tentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan
b. pilih pasar sasaran khusus
c. Tetapkan posisi pasar
d. Tempatkan strategi penjualan dalam persaingan
e. Pilih strategi penjualan yang paling tepat
Bentuk pelayanan :
a. Attitude ( sikap )
b. Attention ( perhatian )
c. Action ( tindakan )