Rabu, 19 Desember 2012

Posted by handy hanggarajaya 03.16, under | No comments

Nama : Handy hanggarajaya Kelas : XII PM 2 Remedial Ulangan Semester Ganjil 1. C 2. D 3. D 4. A 5. C 6. B 7. E 8. B 9. E 10. A 11. C 12. D 13. A 14. A 15. D 16. A 17. B 18. A 19. B 20. B 21. E 22. D 23. D 24. A 25. B 26. A 27. B 28. C 29. D 30. A

Posted by handy hanggarajaya 03.16, under | No comments

Nama : Handy hanggarajaya Kelas : XII PM 2 Remedial Ulangan Semester Ganjil 1. C 2. D 3. D 4. A 5. C 6. B 7. E 8. B 9. E 10. A 11. C 12. D 13. A 14. A 15. D 16. A 17. B 18. A 19. B 20. B 21. E 22. D 23. D 24. A 25. B 26. A 27. B 28. C 29. D 30. A

Posted by handy hanggarajaya 03.16, under | No comments

Nama : Handy hanggarajaya Kelas : XII PM 2 Remedial Ulangan Semester Ganjil 1. C 2. D 3. D 4. A 5. C 6. B 7. E 8. B 9. E 10. A 11. C 12. D 13. A 14. A 15. D 16. A 17. B 18. A 19. B 20. B 21. E 22. D 23. D 24. A 25. B 26. A 27. B 28. C 29. D 30. A

Rabu, 28 November 2012

Resume Kewirausahawan

Posted by handy hanggarajaya 04.45, under | No comments

Resume Kewirausahaan Mata pelajaran : Kewirausahaan Kelas / jurusan : XII PM 2 Sekolah : SMK Negeri 3 Pontianak Nama : Handy hanggarajaya Email : hanggarajaya.handy@gmail.com Hal 54 – 60 3. strategi Pemetaan Produk (Product Mapping) Sebuah usaha dapat sukses karena dibangun melalui pemikiran skala industri, dan menjalankan dengan jelas baik dari segi skala organisasi. Usaha maupun jangkauan pasarnya. Contoh kasus : Seorang wirausaha ingin mebuka usaha restoran ayam goreng kremes di lokasi X. Untuk membangun dan menjalankan usahanya, wirausaha tersebut perlu melihat dan mengevaluasi pesaing paling potensial yang dapat memperlambat laju penjualannya. Berdasarkan analisis pasar, diperoleh data pesaing sebagai berikut : • Ada penjula ayam goreng kalasan • Ada warung tegal (warteg) • Ada restoran cepat saji (fast food) • Ada restoran seafood • Ada restoran soto ayam Banyak wirausaha yang sulit berkembang karena tidak mengetahui pesaing usaha paling potensial yang harus dihadapi. Kebanyakan dari mereka hanya berkonsentrasi pada tingkatan masing – masing agar dapat lolos dari ketatnya persaingan pasar. 4. strategi pemetaan Kualitas dan Harga Pasar untuk Mengetahui Posisi Produk di Pasar Salah satu faktor penyebab kegagalan ketika usaha sudah mulai berjalan adalah ketidaktahuan akan posisi kualitas dan harga produk di tingkat pasar persaingnya. Semakin mengetahui posisi strategis produk di pasar, akan mempermudah wirausaha menjalankan, memperbaiki strategi, dan menyusun rencana usahanya. Contoh sebuah bimbingan belajar bernama Smart Learning akan membuka usaha di sebuah kompleks perumahan. Setelah membuka beberapa riset dan survei, diperoleh data sebagai berikut : a. Harga tertinggi bimbingan belajar siswa SMK per semester sebesar Rp.2.500.000 dan yang terendah sebesar Rp1.100.000 b. Kualitas yang ada dan dikenal dari bimbingan belajar yang beroperasi di rata-rata dipasar dan kualitas diatas rata-rata pasar (kualitas bagus). Rencananya adalah 5 tahun mendatang bimbingan belajar smart learning harus menempati posisi sedikit diatas bimbingan belajar B dan harganya naik 10 – 12% dari saat ini. Kenaikan harga ini dimaksudkan untuk menjaga kualitas dan kuantitas (siswa), karena kualitas yang bagus membutuhkan biaya. Selanjutnya adalah membuat rencana usaha untuk jangka pendek 3 – 5 tahun dan jangka panjang 5 – 10 tahun mendatang dengan perubahan strategi dalam kegiatan promosi, pemasaran, perencanaan program – programnya dan kemungkinan untuk wiralabakan, kemudian baru mulai menjalankan usahanya. 5. Mengetahui Teori Permintaan dan Penawaran (Supply and Demond Theory) Salah satu yang harus dikuasai seorang wirausaha dalam mempersiapkan strategi menjalankan usaha dalam teori permintaan dan penawaran (supply and demand theory). Ketidak mengertian teori ini dapat mempengaruhi mekanisme pengambilan kebijakan harga dan keseimbangan pasar produknya. Mekanisme harga dipasar adalah proses yang terjadi karena adanya tarik – menarik antara konsumen yang ingin memiliki suatu produk yang ditawarkan produsen dengan harga yang membuat semua pihak merasa terpuaskan. a. Perilaku Konsumen dan permintaan suatu produk di pasar Perilaku kensumen terhadap suatu barang akan menimbulkan permintaan di pasar. Hal ini yang menjadi dasar hukum permintaan, yaitu bila harga barang naik, jumlah barang yang diminta konsumen akan menurun dengan kondisi ceteris paribus (semua faktor lain yang mempengaruhi permintaan adalah tidak berubah) Hal ini terjadi karena 2 anggapan pokok untuk dapat mewujudkan Hukum Permintaan yaitu : 1. Kepuasan setiap konsumen dapat diukur dengan uang atau satuan terukur lainnya seperti volume, berat, panjang dan lain – lain. Pendekatan itu disebut dengan Marginal utility 2. tingkat kepuasan konsumen dapat lebih tinggi atau lebih rendah. Oleh karena itu, pendekatan konsumen tidak bisa dipastikan atau diukur (indifference Curves Hukum gossen atau sering disebut degan Law of Diminishing Marginal Utility (kepuasan bisa diukur) menyatakan semakin banyak suatu barang dikonsumsi, maka tambahan kepuasan marginal setiap tahun tambahan yang dikonsumsi akan menurun. b. Mekanisme harga di pasar The Law of Diminishing Return adalah hukum yang menyatakan bahwa bila suatu macam input ditambah dengan pengunaannya sedangkan input lainnya tetap, maka tambahan output yang dihasilkan dari setiap unit input (nilai tambah) yang dutambahkan akan meningkat tetapi kemudian akan menurun bila input tersebut harus ditambah Soal essay 1. Sebuah usaha dapat sukses karena dibangun melalui pemikiran skala industri, dan menjalankan dengan jelas baik dari segi skala ? 2. Konsep pemetaan disebut juga ? 3. Salah satu faktor penyebab kegagalan ketika usah sudah mulai berjalan adalah ? 4. Mekanisme harga di pasar adalah ? 5. Teori permintaan dan penawaran disebut juga? 6. Hukum gossen sering disebut juga dengan ?

Kamis, 30 Agustus 2012

TUGAS MANDIRI

Posted by handy hanggarajaya 21.13, under | No comments

TUGAS MANDIRI PR KEWIRAUSAHAAN (TUGAS MANDIRI) 1.PROSES AMDAL Berikut merupakan contoh akibat dari perusahaan industri yang tidak mematuhi salah satu syarat pendirian izin usaha yaitu tidak menganalisis tentang keadaan lingkungan (AMDAL). Akibat dari tidak adanya AMDAL,perusahaan tersebut membuang limbah disekitar lingkungan secara sembarangan sehingga menyebabkan banyak ikan di kolam mati karena letak kolam tersebut tidak terlalu jauh dari tempat pembuangan limbah tersebut. 2.SIAPA BERANI COBA? 1. Sebutkan jenis-jenis surat usaha yang Anda ketahui! Jawaban: 1. Izin Prinsip 2. Surat Izin Gangguan (HO) 3. Surat Izin Tempat Usaha (SITU) 4. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) 5.Tanda Daftar Perusahaan (TDP) 6. Nomor Rekening Bank (NRB 7. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) 8.Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) 9. Izin Mendirikan Bangunan (IMB) 2. Apakah yang dimaksud dengan SIUP,SITU,AMDAL,NRB,NPWP,serta IMB? Jawaban: a. SIUP (Surat ijin usaha perdagangan) adalah surat yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha. Surat ini dikeluarkan oleh instansi Pemerintah, yaitu melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota atau wilayah domisili perusahaan tersebut.Surat ini berlaku selama perusahaan masih terus berjalan. b. SITU (Surat ijin tempat usaha) adalah surat untuk memperoleh ijin sebuah usaha di sebuah lokasi usaha dengan maksud agar tidak menimbulkan gangguan atau kerugian kepada pihak-pihak tertentu. Surat ini juga mempunyai dasar hukumnya yaitu berdasarkan peraturan daerah dari domisili perusahaan yang bersangkutan. c. AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan di Indonesia. AMDAL ini dibuat saat perencanaan suatu proyek yang diperkirakan akan memberikan pengaruh terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. Yang dimaksud lingkungan hidup di sini adalah aspek Abiotik, Biotik, dan Kultural. Dasar rite AMDAL adalah Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 1999 tentang “Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup”. d. NRB (Nomor Rekening Bank) adalah nomor rekening dalam buku bank yang diberikan oleh bank untuk kepentingan segala transaksi keuangan usaha melalui bank. e. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak (WP) sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. f. IMB Izin Mendirikan Bangunan adalah Izin yang di berikan oleh Pemerintah Daerah kepada orang pribadi atau badan yang untuk mendirikan bangunan agar desain pelaksanaan pembangunan dan bangunan sesuai dengan tata ruang yang berlaku dan tidak mengganggu tempat masyarakat disekitarnya. 3.Jelaskan syarat-syarat yang diperlukan untuk mengurus surat izin usaha! Jawaban: 1. IMB a. Denah gambar bangunan atau gambar teknik bangunan. b. Fotokopi KTP bagi pemohon perorangan. c. Fotokopi akta pendirian usaha bagi pemohon berbadan hokum. d. Fotokopi sertifikat tanah atau surat keterangan kepemillikan tanah. e. Izin perubahan penggunaan tanah bagi yang statusnya tanah pertanian. f. Persetujuan tetangga sekitar untuk bangunan bertingkat, bentang panjang, bangunan usaha, dan tempat ibadah. g. Izin lokasi untuk pembangunan usaha yang pemohonnya berbadan hukum. h. Rencana Biaya Bangunan (RBB). i. Denah lokasi. 2. NRB a. Fotokopi KTP atau SIM penanggung jawab atau pemilik. b. Kartu contoh tanda tangan pimpinan perusahaan. c. Tanda setoran. d. Lembar pemberitahuan setoran. 4.Sebutkan fungsi dan kegunaan dari masing-masing surat izin usaha? Jawaban: 1.SITU berguna agar terlindungi dan terbinanya perusahaan yang menjalankan usahanya secara jujur, tertib dan terbuka. Serta dapat menjadi sumber pendapatan daerah. 2.AMDAL berguna untuk pemerintah dan pemilik perusahaan Kegunaan AMDAL bagi pemerintah sebagai berikut. a. Menghindarkan perusakan lingkungan hidup seperti timbulnya pencemaran air, pencemaran udara, kebisingan, dan lain sebagainya sehingga tidak menggangu kesehatan, kenyamanan, dan keselamatan masyarakat. b. Menghindarkan pertentangan-pertentangan yang mungkin timbul khususnya dengan masyarakat dan proyek-proyek lain. c. Mencegah agar potensi sumber daya yang dikelola tersebut tidak rusak (khusus untuk sumber daya alam yang dapat diperbarui). d. Mencegah rusaknya sumber daya alam lain yang berada di luar lokasi proyek baik yang diolah proyek lain, diolah masyarakat ataupun yang belum diolah. e. Sesuai dengan rencana pembangunan daerah, nasional, ataupun internasional serta tidak menganggap proyek lain. f. Menjamin manfaat yang jelas bagi masyarakat umum. g. Sebagai alat pengambil keputusan pemerintah. Kegunaan AMDAL bagi pemilik perusahaan sebagai berikut. a. Mempersiapkan cara-cara pemecahan masalah yang akan dihadapi di masa yang akan datang. b. Sebagai sumber informasi lingkungan di sekitar lokasi proyeknya secara kuantitatif, termasuk informasi sosial ekonomi dan sosial budaya. c. Melindungi proyek yang melanggar undang-undang atau peraturanperaturan yang berlaku. d. Melindungi proyek dari tuduhan pelanggaran atau suatu dampak negatif yang sebenarnya tidak dilakukan. e. Melihat masalah-masalah lingkungan yang akan dihadapi di masa yang akan datang. f. Sebagai bahan utuk menganalisis pengelolaan dan sasaran proyek. g. Sebagai bahan penguji secara komprehensif dari perencanaan proyeknya, untuk dapat menemukan kelemahan dan kekurangan dan segera dipersiapkan penyempurnaannya. 3.NPWP berguna untuk; Untuk mengetahui identitas Wajib Pajak. 1. Untuk menjaga ketertiban dalam pembayaran pajak dan dalam pengawas administrasi perpajakan. 2. Untuk keperluan yang berhubungan dengan dokumen perpajakan, sehingga semua yang berhubungan dengan dokumen perpajakan harus mencantumkan NPWP. 3. Untuk memenuhi kewajiban-kewajiban perpajakan misalnya dalam Surat Setoran Pajak (SSP) 4. Untuk mendapatkan pelayanan dari instansi-instansi tertentu yang mewajibkan mencantumkan NPWP dalam dokumen-dokumen yang diajukan. Misal : - Dokumen Import (PPUD/ PIUD) - Dokumen Eksport (PEB) - Dan lain-lain. - Untuk keperluan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) masa atau tahunan. 4.Kegunaan Surat Izin Usaha Perdagangan Kegunaan kepemilikan Surat Izin Usaha Perdagangan adalah sebagai berikut : a. Sebagai alat pengesahan yang di berikan oleh pemerintah, sehingga dalam kegiatan usaha tidak terjadi masalah perizinan. b. Dengan memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan dapat memperlancar perdagangan ekspor dan impor. c. Sebagai syarat untuk mengikuti kegiatan lelang yang di selenggarakan oleh pemerintah. 5.Bagaimanakah cara pengisian format-format izin usaha? 3.PETA KONSEP A. Surat izin prinsip adalah Surat Izin yang memberikan kepastian hukum dalam berinvestasi dan meningkatkan sumber-sumber pendapatan asli daerah. B. Surat izin gangguan(ho)adalah izin kegiatan usaha kepada orang pribadi / badan dilokasi tertentu yang berpotensi menimbulkan bahaya kerugian dan gangguan, ketentraman dan ketertiban umum tidak termasuk kegiatan/tempat usaha yang lokasinya telah ditunjuk oleh Pemerintah Pusat atau Daerah. C. Surat izin tempat usaha adalah surat untuk memperoleh ijin sebuah usaha di sebuah lokasi usaha dengan maksud agar tidak menimbulkan gangguan atau kerugian kepada pihak-pihak tertentu D. Surat izin usaha perdagangan adalah surat yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha E. Tanda daftar perusahaan adalah Tanda Daftar agar dapat melaksanakan kegiatan usaha perdagangan F. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan di Indonesia. G. Nomor rekening bank(NRB)adalah nomor rekening dalam buku bank yang di berikan oleh bank untuk kepentingan segala transaksi keuangan usaha melalui bank. H. Nomor pokok wajib pajak(NPWP)adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. I. Izin mendirikan banguna(IMB)adalah surat kegiatan yang dikeluarkan oleh Pemda melalui Dinas Pengawasan Pembangunan Kota(DPPK) yang menyatakan bahwa pelaksanaan pembanguna suatu tempat usaha tidak menganggu tempat masyarakat sekitarnya.

Selasa, 07 Februari 2012

SALESMENSHIP

Posted by handy hanggarajaya 20.54, under | No comments

KETUA KELOMPOK : HANDY HANGGARAJAYA
SEKERTARIS : ANDI
ANGGOTA : 1. APRIYONO
2. RACHMATILAH
3. ZULMIHAJ
Materi salesmenship : Menjual Helm
a. Latar belakang
Helm merupakan kebutuhan bagi masyarakat khususnya masyarakat yang mengunakan kendaraan bermotor

b. Indikator/materi/petunjuk
1. Product motives : mau membeli karena adanya barang - barang tertentu
2. Product motive : mau membeli karena adanya penyalur / penjual
3. Motif manfaat : mau membeli karena yakin barang yang akan dibeli bermanfaat
4. Motif kebanggan : mau membeli karena bangga
5. Motif ingin meniru
6. Motif kuatir dan takut
7. Motif ingin tahu lebih mendalam
8. Motif bersaing
9. Motif iri hati






c. Mebuat soal dari indikator / jawabanya
1. Motif penjual ingin membeli karena produk – produk tertentu disebut motif
Jawabanya : product motives
2. Motif mau membeli karena adanya penyalur disebut motif
Jawabanya : patronage motive

3. Motif mau membeli karena barang yang akan dibeli bermanfaat disebut motif
Jawabanya : motif manfaat
4. Motif ingin membeli karena bangga disebut motif
Jawabanya : motif kebanggan
5. Motif ingin produk nya sama dengan yang lain disebut motif
Jawabanya : motif ingin meniru
6. Motif supaya kita bisa menawarkan produk kepada konsumen maka kita harus
Jawabanya : motif ingin tahu lebih mendalam
7. Budi membeli selang gas LPG karena selang yang dipakai sudah rusak motif yang digunakan adalah motif
Jawabanya : motif kuatir dan takut
8. Motif agar usaha kita dapat berkembang maka kita tidak boleh takut untuk
Jawabanya : motif bersaing
9. Motif melihat pengusaha yang sukses maka kita tidak boleh
Jawabanya : motif iri hati
d. Kesimpulan materi
Seorang pembeli memiliki alasan – alasan untuk melakukan pembelian terhadap pruduk yang kita tawarkan kepada para pembeli

Rabu, 01 Februari 2012

ILMU MENJUAL

Posted by handy hanggarajaya 03.49, under | 2 comments

Ilmu menjual :
· J.s konox , suatu kemampuan atau kecakapan untuk mempengaruhi orang supaya merasa mau membeli barang-barang yang kita tawarkan dengan cara saling menguntungkan meski sebelum nya tidak terpikirkan oleh calon pembeli untuk membeli barang itu,tetapi akhirnya tertarik untuk membeli nya.
· K.B Haas dan E.C Perry,pelayanan timbal balik,sehingga kedua belah pihak meras puas dengan barang yang di terima nya.

Maksud dan tujuan ilmu menjual :
Melaksanakan kemampuan dalam seni menjual,yaitu menjual kepandaian jasa maupun barang-barang kepada calon pembeli.

Manfaat ilmu menjual :
Membantu dalam melakukan kegiatan usaha atau bisnis.

Karakteristik seni menjual / salesmanship :
A. Objek salesmanship :
1. Penjual
Pelaku utama yang bersinggungan langsung dengan konsumen.
2. Produk yang di jual
Bentuk benda atau jasa yang akan di jual belikan dengan konsumen.
B. Sifat penjual:
1. Penuh inisiatif
2. Penuh perhatian
3. Periang
4. Tidak putus asa
5. Memiliki ketajaman ingatan
6. Lurus hati,disiplin,sopan santun,bijaksana
7. Mudah bergaul
8. Selalu bergembira
C. Politik dan hukum penjualan :
1. Politik penjualan
Cara atau siasat untuk mencapai keberhasilan dalam melakukan penjualan
Atau siasat penjualan yang bertujuan untuk memperbesar jumlah penjualan,menguntungkan serta memuaskan hati pembeli.
2. Hukum penjualan
Tiap orang yang mau menukarkan barang nya dengan uang karena ia mengganggap bahwa uang itu sangat di harapkan dan akan menguntungkan serta memuasakan hati nya.
3. Hukum pembelian
Tiap-tiap orang mau membeli suatu barnag dengan uangnya karena ia berpendapat bahwa barang itu lebih berharga,menguntungkan dan memuaskan dari pada uang yang dikeluarkan nya.

v Jual beli :
Pertukaran antar dua jenis benda,pikiran,tenaga,jasa,kepandaian,dsb.

Asas-asas penjualan :
1. Pengetahuan akan diri sendiri
2. Pengetahuan akan barang yang akan di jual
3. Pengetahuan akan calon pembeli atau pelanggan

Hal yang perlu di ketahui tentang calon pembeli :
1. Perilaku pelanggan
2. Tipe pelanggan :
a. Tipe piknis : bulat,pendek,ramah,suka berbicara
b. Tipe leptosome : kecil,lemah,kurus,sombong,intelek,idealis.
c. Tipe atletis : kekar,berisi,benyak gerak,jarang humor,tenang.

Kualitas pelayanan :
a. asumsi : harapan pelanggan tingkat pertama
b. spesifikasi : bentuk kepuasan yang di cerminkan oleh pemenuhan standar pelayanan maksimal dari penjual
c. kesenangan : bentuk akhir dari asumsi dan spesifikasi ,harapan kepuasaan yang memberikan rasa senang.

Teknik menjual :
a. tentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan
b. pilih pasar sasaran khusus
c. Tetapkan posisi pasar
d. Tempatkan strategi penjualan dalam persaingan
e. Pilih strategi penjualan yang paling tepat
Bentuk pelayanan :
a. Attitude ( sikap )
b. Attention ( perhatian )
c. Action ( tindakan )