Rabu, 01 Februari 2012

ILMU MENJUAL

Posted by handy hanggarajaya 03.49, under | 2 comments

Ilmu menjual :
· J.s konox , suatu kemampuan atau kecakapan untuk mempengaruhi orang supaya merasa mau membeli barang-barang yang kita tawarkan dengan cara saling menguntungkan meski sebelum nya tidak terpikirkan oleh calon pembeli untuk membeli barang itu,tetapi akhirnya tertarik untuk membeli nya.
· K.B Haas dan E.C Perry,pelayanan timbal balik,sehingga kedua belah pihak meras puas dengan barang yang di terima nya.

Maksud dan tujuan ilmu menjual :
Melaksanakan kemampuan dalam seni menjual,yaitu menjual kepandaian jasa maupun barang-barang kepada calon pembeli.

Manfaat ilmu menjual :
Membantu dalam melakukan kegiatan usaha atau bisnis.

Karakteristik seni menjual / salesmanship :
A. Objek salesmanship :
1. Penjual
Pelaku utama yang bersinggungan langsung dengan konsumen.
2. Produk yang di jual
Bentuk benda atau jasa yang akan di jual belikan dengan konsumen.
B. Sifat penjual:
1. Penuh inisiatif
2. Penuh perhatian
3. Periang
4. Tidak putus asa
5. Memiliki ketajaman ingatan
6. Lurus hati,disiplin,sopan santun,bijaksana
7. Mudah bergaul
8. Selalu bergembira
C. Politik dan hukum penjualan :
1. Politik penjualan
Cara atau siasat untuk mencapai keberhasilan dalam melakukan penjualan
Atau siasat penjualan yang bertujuan untuk memperbesar jumlah penjualan,menguntungkan serta memuaskan hati pembeli.
2. Hukum penjualan
Tiap orang yang mau menukarkan barang nya dengan uang karena ia mengganggap bahwa uang itu sangat di harapkan dan akan menguntungkan serta memuasakan hati nya.
3. Hukum pembelian
Tiap-tiap orang mau membeli suatu barnag dengan uangnya karena ia berpendapat bahwa barang itu lebih berharga,menguntungkan dan memuaskan dari pada uang yang dikeluarkan nya.

v Jual beli :
Pertukaran antar dua jenis benda,pikiran,tenaga,jasa,kepandaian,dsb.

Asas-asas penjualan :
1. Pengetahuan akan diri sendiri
2. Pengetahuan akan barang yang akan di jual
3. Pengetahuan akan calon pembeli atau pelanggan

Hal yang perlu di ketahui tentang calon pembeli :
1. Perilaku pelanggan
2. Tipe pelanggan :
a. Tipe piknis : bulat,pendek,ramah,suka berbicara
b. Tipe leptosome : kecil,lemah,kurus,sombong,intelek,idealis.
c. Tipe atletis : kekar,berisi,benyak gerak,jarang humor,tenang.

Kualitas pelayanan :
a. asumsi : harapan pelanggan tingkat pertama
b. spesifikasi : bentuk kepuasan yang di cerminkan oleh pemenuhan standar pelayanan maksimal dari penjual
c. kesenangan : bentuk akhir dari asumsi dan spesifikasi ,harapan kepuasaan yang memberikan rasa senang.

Teknik menjual :
a. tentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan
b. pilih pasar sasaran khusus
c. Tetapkan posisi pasar
d. Tempatkan strategi penjualan dalam persaingan
e. Pilih strategi penjualan yang paling tepat
Bentuk pelayanan :
a. Attitude ( sikap )
b. Attention ( perhatian )
c. Action ( tindakan )

2 komentar:

Karakteristik salesmanship liat di buku apa?

Karakteristik salesmanship liat di buku apa?

Posting Komentar